7 Tips Menghindari Utang

Biarpun Anda bukan seorang pemboros, mengetahui cara untuk menghindari utang tetaplah penting. Sebagian orang mengalami kesulitan keuangan karena mereka tidak hidup sesuai kemampuan, sementara sebagian lainnya dipengaruhi oleh keadaan. Bagaimana pun, utang adalah masalah yang dapat memberi akibat di masa depan, dan akan sulit untuk disingkirkan. Itu sebabnya mulailah kebiasaan baik untuk menghindari utang!


Tips Menghindari Utang



Berikut ini beberapa cara yang sangat baik untuk menghindari utang:

1. Membuat Anggaran


Membuat anggaran adalah konsep tidak biasa bagi kebanyakan orang. Tapi sebenarnya kebiasaan ini akan sangat membantu Anda menghindari menghabiskan lebih dari yang Anda peroleh. Ada banyak online tool yang bisa membantu Anda merencanakan anggaran, tetapi secara sederhana bisa dikatakan bahwa membuat anggaran adalah tentang menyelesaikan tagihan-tagihan penting dahulu, melihat apakah ada sisa, kemudian mengalokasikan sisa dana tersebut untuk hiburan, transportasi, tabungan, dll.

2. Hiduplah Sesuai Kemampuan


Cara paling sederhana untuk menghindari utang adalah hidup sesuai kemampuan. Jika penghasilan Anda termasuk pas-pasan untuk diri sendiri dan keluarga, maka itu berarti Anda tidak mampu bergaya hidup mewah. Tentu, kita semua ingin tinggal di rumah bagus dan bisa menikmati liburan beberapa kali dalam setahun, tapi jangan sampai kita jadi berhutang atau mengurangi pos pendidikan anak lho. Be smart, jalani hidup semampunya.

3. Kurangi Kebiasaan Gonta-ganti Gadget


Kehidupan modern sekarang tampaknya tak bisa lepas dengan yang namanya gadget terbaru. Bila Anda mau lebih memperhatikan, sebenarnya tidak sedikit orang di sekitar Anda yang tidak terlalu kecanduan gadget. Anda masih tetap hidup kok meski gadget Anda tidak selalu update.

4. Ikuti Contoh Orangtua Anda


Ada banyak cara untuk menghindari utang, dan mungkin salah satu yang termudah adalah dengan berpikir, “Apa ya yang akan orang tua saya lakukan?” Sebagian besar orang tua kita dibesarkan dalam keadaan tidak memiliki banyak uang, dan mereka tentu belajar menggunakan uang mereka dengan bijak. Ambiilah pelajaran dari orang tua Anda, dan Anda juga dapat hidup tanpa masuk ke utang! Bila perlu, tidak usah malu meminta saran dan tips dari mereka tentang penganggaran.

5. Pikir Dua Kali sebelum Belanja


Apakah Anda seorang impulsive shopper? Membeli tanpa berpikir panjang memang sangat mudah, terutama yang namanya belanja online, atau saat Anda sadar bahwa Anda bisa menggunakan kartu kredit Anda. Sangat mudah untuk membeli hampir tanpa berpikir, terutama jika Anda berbelanja online atau mengambil kartu kredit Anda. Nah, sekarang, sebelum Anda memutuskan membeli sesuatu, luangkan dulu waktu untuk merenungkan apakah Anda benar-benar membutuhkannya. Mungkin saja Anda akan menyadari bahwa sebenarnya Anda tidak terlalu membutuhkannya, dan ada prioritas lain yang lebih penting.

6. Bikin Prioritas


Utang sering terjadi ketika seseorang mulai belanja tanpa pikir panjang. Bukannya memilih satu item saja, tapi membeli semua yang diinginkan. Anda harus belajar tegas pada diri Anda sendiri. Belajarlah untuk memprioritaskan, apa sih yang Anda butuhkan? Ingatlah bahwa task list “Belanja” sebaiknya diletakkan paling bawah saat membuat anggaran.

7. Selalu Punya Simpanan untuk Keadaan Darurat


Keadaan darurat itu seperti ulang tahun teman anak Anda yang tiba-tiba muncul hari itu juga, atau keadaan darurat lain seperti mobil Anda mogok. Bila Anda punya uang cadangan untuk ini, Anda tak perlu berhutang pada bank untuk biaya-biaya ini. Sisihkan selalu dana cadangan yang lebih besar dari dana belanja Anda.

Nah, Anda sudah lihat kan? Ada banyak cara cerdas untuk menghindari utang. Berhutang dapat membuat depresi, dan masa depan keuangan Anda akan terganggu, dan lama-lama Anda akan susah keluar dari keadaan itu. Utang mungkin bisa ditangani (entah melalui bonus atau pendapatan tak terduga) tapi utang sebaiknya dihindari. (ZD)

 

Leave a Comment