Etika Berbicara di Telepon Untuk Pekerjaan

Dunia kerja selalu dekat dengan aktivitas interaksi telepon. Komunikasi di telepon tak jarang sangat memengaruhi keputusan lawan bicara dalam meng-goal kan satu proyek atau deal prospek.

Karena pembicaraan di telepon tanpa tatap muka dan berkomunikasi hanya mengandalkan mendengar suara. Maka pembicaraan di telepon harus benar-benar jelas dan tertata. Karena itu sikap dan etika dalam bertelepon perlu diperhatikan agar mendapatkan respon yang diharapkan dari relasi yang menjadi lawan bicara.

Tips bertelepon yang baik berikut ini mungkin dapat di coba :
  1. Walau lawan bicara tidak terlihat, ada baiknya berbicara sambil sesekali tersenyum agar aura ceria dan apresiasi terpancar.
  2. Posisi duduk tetap dalam posisi duduk yang tegak dan rileks.
  3. Beri tanggapan pembicaraan dari lawan bicara, hal ini untuk menunjukkan bahwa kita merespon apa yang disampaikan.
  4. Mulut jangan dalam keadaan mengunyah makanan atau mengemut permen.
  5. Buat pembicaraan yang singkat, padat dan tepat sasaran untuk efektifitas waktu serta mencegah terjadinya berbelit-belit dalam membahas satu bahasan.
  6. Pembicaraan harus jelas dan langsung pada pokok permasalahan agar tak terjadi salah tangkap atau salah paham oleh lawan bicara.
  7. Pandai mengendalikan emosi dan mengatur mood yang baik.
  8. Akhiri pembicaraan telepon dengan mengucap salam yang hangat.

Bukan hal mustahil, dari perbincangan hangat dan saling mengapresiasi di telepon, urusan akan cepat deal. Karena di awali dengan kesan yang baik. Nah, yakin percakapan via telepon mempunyai peran penting dalam bisnis dan segala hal yang ada hubungannya dengan pekerjaan? Cobalah!

Leave a Comment